Advertisement

Latest News

Ziarah Kubur

By Unknown - Minggu, 16 September 2012

http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html



Maksud utama berziarah (menengok atau mengunjungi) kubur, adalah mendoakan mayat dalam kubur yang diziarahi. Pengertiannya, penziarah membaca doa-doa yang pahalanya dihadiahkan kepada si mayat penghuni kubur tersebut. Hal ini disunnatkan bagi laku-laki. Sedang bagi perempuan hukumnya makruh, karena ditakutkan akan menjadikan keluh kesah yang dapat membuat lupa akan kekuasaan Allah SWT.

Dari Abu Hurairah. "Sesungguhnya Rasulullah saw: telah mengutuki perempuan-perempuan yang ziarah ke kubur." (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Manfaat ziarah kubur ini agar kita ingat pada kehidupan sesudah mati. Dari Buraidah, Rasulullah saw. telah berkata. "Dulu saya melarang kamu berziarah kubur, sekarang Muhammad telah mendapat izin berziarah ke kubur ibunya, maka ziarahlah kamu, karena sesungguhnya ziarah itu mengingatkan kepada akhirat." (HR. Muslim, Abus Daud dan Tirmidzi).

Adab (etika) berziarah kubur, antara lain:
  1. Sesampai di pintu makam ucapkan: "Assalamu'alaikum yaa ahlal qubu-ri fa inna insya allahu bikum lahiquun." (Keselamatan semoga tetap bagimu wahai ahli kubur dan insya Allah kami akan bertemu dengan kamu semua).
  2. Sesampai di makam yang dituju hendaklah memberi salam khusus: "Assalamu'alaika...(sebut namanya)"
  3. Jangan berjalan melangkahi kuburan
  4. Jangan duduk pada nisan makam
  5. Bacalah surat Yasin atau Tahlil atau doa-doa lainnya. Untuk itu sebelum berziarah hendaknya bersuci dulu.



http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Ziarah Kubur"

Leave a Reply

Advertisement