Advertisement

Latest News

Pembukuan Al Quran

By Unknown - Rabu, 12 September 2012

http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html



Pada masa Nabi Muhammad saw. ayat-ayat Al Quran ditulis oleh para sahabat di kepingan tulang, pelepah-pelepah kurma, dan batu-batu. Ayat-ayat yang tulis oleh sahabat yang satu dan sahabat yang lainnya juga berbeda-beda. Bahkan tidak jarang sahabat yang hanya menghafalkannya. Sehingga pada masa itu ayat-ayat Al Quran boleh dikata tercecer.

Usaha pengumpulan ayat-ayat Al Quran pertama kali dilakukan oleh Khalifah Abu Bakar ra. atas usul Umar bin Khattab ra. Pertimbangannya ketika itu banyak sahabat yang hafal Al Quran gugur dalam perang. Yang ditugaskan melaksanakan pengumpulan itu, ialah Zaid bin Tsabit dibantu oleh Ubay bin Ka'ab, Ali bin Abi Thalib ra. dan Utsman bin Affan ra. Hasilnya, terkumpullah sayat-ayat Al QUran dalam bentuk Mushshaf.

Setelah Abu Bakar wafat, Mushshaf itu dipindahkan ke rumah Umar sampai selama masa pemerintahannya. Baru kemudian diserahkan kepada, Hafsah, istri Rasulullah sampai masa pembukuan Al Quran yang diprakarsai oleh Ustman bin Affan. Dari Mushshaf yang ditulis pada zaman pemerintahan Ustman itulah Kaum Muslimin dari seluruh dunia menyalinnya.

http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Pembukuan Al Quran"

Leave a Reply

Advertisement