Advertisement

Latest News

Cara Al Quran Diwahyukan

By Unknown - Rabu, 12 September 2012

http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html


AL QURAN diturunkan, secara keseluruhan, dalam kurun waktu selama 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari. Penyampaiannya melalui Malaikat Jibril dengan cara:
  1. Malaikat Jibril meresapkan wahyu ke dalam hati Nabi Muhammad saw. Dalam hal ini Nabi tidak melihat kehadiran Jibril, namun merasakan menerima wahyu dari Allah SWT.
  2. Malaikat Jibril Menampakkan diri kepada Nabi Muhammad berupa seorang lelaki tampan, dan menyampaikan firman Allah samapi Nabi hafal benar.
  3. Wahyu datang kepadanya seperti gemerincingnya lonceng, yang dirasakan oleh Nabi Muhammad saw. sebagai cara yang paling berat. Tidak jarang sampai kening beliau berkeringat, meski turunnya wahyu itu di musim hujan.
  4. Malaikat Jibril menampakkan diri sebagaimana wujud sebenarnya, dan mengajarkan firman Allah SWT.
Ayat-ayat Al Quran diturunkan secara berangsur-angsur, dengan tujuan:
  1. Agar mudah dihafal, dimengerti, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Banyak ayat-ayat yang diturunkan merupakan jawaban dari pertanyaan atau penolakan suatu pendapat/perbuatan.
  3. Ayat-ayat diturunkan karena ketika itu terdapat peristiwa-peristiwa yang tidak dapat dipecahkan oleh Nabi Muhammad sehingga menunggu turunnya petunjuk dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril.
Ayat-ayat Al Quran yang pertama diturunkan adalah ayat 1 samapai 5 dari surat Al Alaq swaktu Nabi Muhammad berkhalwat (menyepi untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT) Sedangkan ayat terakhir yang diturunkan, adalah ayat 3 dari Surat Al Maidah diturunkan di Padang Arafah sewaktu Nabi Muhammad menjalankan ibadah Haji Wada'.
http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Cara Al Quran Diwahyukan"

Leave a Reply

Advertisement