Advertisement

Latest News

Sifat-sifat Allah SWT

By Unknown - Kamis, 13 September 2012

http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html


Allah SWT memiliki 20 sifat wajib dan 20 sifat mustahil serta satu sifat jaiz (wewenang). Dua puluh sifat wajib dandua puluh sifat mustahil tersebut, adalah:
  1. Allah itu Wujud (ada), mustahil 'adam (tiada). Ditegaskan dalam Al Quran. "Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya." (QS. As-Sajdah; 4)
  2. Allah itu qidam (paling awal), mustahil huduts (ada yang mendahului). Ditegaskan dalam Al Quran. "Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zhahir (Yang nyata adanya karena banyak buktinya) dan Yang Batin (yang tak dapat digambarkan hikmat zat-Nya oleh akal)." (QS. Al Hadid; 3)
  3. Allah itu Baqa (kekal/abadi/tidak pernah berakhir), mustahil fana (berakhir). Ditegaskan dalam Al Quran. "Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan." (QS. Ar-Rahman; 27)
  4. Allah itu Mukhalafatu lil hawaditsi (berbeda dengan semua mahluk/segala sesuatu), mustahil mumatsalatu lil hawaditsi (ada yang menyamai). Ditegaskan dalam Al Quran. "Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia." (QS. Asy Syuura; 11)
  5. Allah itu qiyamuhu binafsihi (bediri sendiri), mustahil ihtiyaju lighairihi (membutuhkan yang lain). Ditegaskan dalam Al Quran. "sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. " (QS. Al Ankabut: 6)
  6. Allah itu Wahdaniyat (esa/tunggal), mustahil ta'adud (terbilang). Ditegaskan dalam Al Quran, "Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Maha Esa." (QS. Al Ikhlas: 1)
  7. Allah itu Qudrat (kuasa), mustahil 'ajzun (lemah). Ditegaskan dalam Al Quran. "Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu." (QS. Al Baqarah; 20)
  8. Allah itu iradat (berkehendak), mustahil karahah (terpaksa). Ditegaskan dalam Al Quran. "Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki." (QS. Huud: 107)
  9. Allah itu ilmu (Maha Mengetahui), mustahil jahlun (bodoh). Ditegaskan dalam Al Quran. "Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. An Nisa: 176)
  10. Allah itu hayat (hidup), mustahil mautun (mati). Ditegaskan dalam Al Quran. "Dan bertawakallah kepada Allah Yang Hidup (Kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya." (QS. Al Furqaan; 58)
  11. Allah itu sama' (Maha Mendengar), mustahil shamamun (tuli). Ditegaskan dalam Al Quran, "Dan ALlah Maha Mendengar serta Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah; 256)
  12. Allah itu bashar (Maha Melihat), mustahil 'ama (buta). Ditegaskan dalam Al Quran, "Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Hujurat: 19)
  13. Allah itu kalam (berfirman), mustahil bakamun (bisu). Ditegaskan dalam Al Quran, "Dan Allah telah berbicara kepada (Nabi) Musa dengan langsung." (QS. An Nisa; 164)
  14. Allah itu qadiran (Dzat Yang Maha Berkuasa), mustahil kaunuhu 'ajiyan (Dzat yang lemah). Ditegaskan dalam Al Quran, "Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu." (QS. Al Baqarah; 20)
  15. Allah itu muridan (Dzat Yang Maha Berkehendak), mustahil kaunuhu karihan (Dzat yang terpaksa). Ditegaskan dalam Al Quran, "Sesungguhnya Tuhanmu Maha melaksanakan apa yang Dia kehendaki." (QS. Huud: 107)
  16. Allah itu 'aliman (Dzat Yang Maha Mengetahui), mustahil kaunuhu jahilan (Dzat yang bodoh). Ditegaskan dalam Al Quran, "Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. An Nisa; 176)
  17. Allah itu hayyan (Dzat Yang Hidup), mustahil mayyitan (Dzat yang mati). Ditegaskan dalam Al Quran, "Dan bertawakallah kepada Allah yang hidup kekal dan yang tidak mati." (QS. Al Furqaan; 58)
  18. Allah itu sami'an (Dzat Yang Maha Mendengar), mustahil kaunuhu ashamma (Dzat yang tuli). Ditegaskan dalam Al Quran, "Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah; 256)
  19. Allah itu bashiran (Dzat Yang Maha Melihat), mustahil kaunuhu 'ama (Dzat yang buta). Ditegaskan dalam Al Quran, "Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Hujurat; 18)
  20. Allah itu mutakalliman (Dzat Yang Berfirman), mustahil kaunuhu abkama (Dzat yang bisu). Ditegaskan dalam Al Quran, "Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung." (QS. An Nisa; 164)
Sifat Jaiz (wewenang) Allah SWT adalah tarku likulli mumkinin au fi'luhu (Allah SWT berwenang menciptakan sesuatu atau tidak)

Sifat-sifat Allah tersebut diatas, dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
  1. Sifat Nafsiah (kedirian), yakni sifat yang pertama
  2. Sifat Salbiyah, yaitu sifat-sifat yang membedakan Allah SWT dengan dzat-dzat yang lain, seperti sifat no 2,3,4 dan 6
  3. Sifat Ma'ani, yakni sifat-sifatabstrak seperti sifat no 7,8,9,10,11,12 dan 13
  4. Sifat Mu'nawiyah, yakni sifat-sifat berikutnya atau sifat-sifat yang tergantung pada ma'ani.

http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

2 komentar for "Sifat-sifat Allah SWT"

  1. terima kasih semoga berkah
    https://batubatajepara.com

  2. thanks for all your information on the blogs

Leave a Reply

Advertisement