Advertisement

Latest News

Menjenguk Orang Sakit

By Unknown - Minggu, 16 September 2012

http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html


Dari Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dikatakan bahwa menjenguk orang sakit hukumnya sunnah. Tujuannya antara lain, menghibur dan mendoakan lekas sehat kembali. Juga memberikan nasehat-nasehat yang menguatkan imannya, apabila si sakit keberatan atas cobaan tersebut dan menyalahkan Allah SWT. Misalnya memberikan pengertian, bukankah Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Sebab Rasulullah saw. bersabda, Dari Abu Hurairah, berkata Rasulullah saw: "Allah swt telah berfirman, Aku menurut bagaimana prasangka hamba-Ku kepada-KU." (HR. Bukhari Muslim).

Kepada orang yang sakit parah atau dalam arti sudah mendekati ajal, penjenguk berkewajiban:
  1. Menghadapkan ke kiblat. Dari Abu Qatadah, bahwa Nabi saw. ketika sampai di Madinah menanyakan seseorang yang bernama Albara bin Ma'ruf. Jawab yang hadir, "Ia sudah meninggal dan mewasiatkan sepertiga hartanya kepada engkau dan mewasiatkan pula supaya ia dihadapkan ke kiblat apabila ia sakit parah." Jawab Rasulullah, "Betul pendapatnya." (HR. Al Hakim dan Baihaqi).
  2. Mengajarkan membaca kalimat tauhid: "LAA ILAAHA ILLALLAH" (Tiada Tuhan Selain Allah). Dari Abu Hurairah, berkata Rasulullah saw: "Kepada orang yang sakit parah ajarlah olehmu membaca kalimat laa ilaaha illallah." (HR. Muslim).
  3. Bacakanlah Surat Yasin. Dari Ma'qal bin Yasar, berkata Nabi saw. "Bacakanlah olehmu kepada orang yang sakit parah Surat Yasin." (HR Abu Daud dan Nasai).


http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Menjenguk Orang Sakit"

Leave a Reply

Advertisement