Advertisement

Latest News

Kaitan Iman dan Islam

By Unknown - Rabu, 19 September 2012

http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html



Pada hakikatnya Iman dan Islam merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Abul A'la Maududi menulis dalam bukunya, Towards Understanding Islam. halaman 24: "The relation for Islam to Iman is the same as of a tree to its seed. As a tree cannot sprout forth without its seed, in the same way's is not possible for a man, who has no belief to start with, to become a Muslim." (Hubungan antara Islam dengan Iman adalah laksana hubungan antara pohon dengan akarnya. Sebagaimana pohon tidak dapat tumbuh tanpa akarnya. Demikian pula, mustahil seseorang bisa menjadi Muslim tanpa memiliki kepercayaan)

Prof. Mahmud Syaltut, mantan rektor Al-Ahzar, Mesir memberikan perumpamaan, bahwa Islam seperti bangunan seuatu gedung, sedangkan Iman adalah pondasinya. Ia katakan: "Islam ialah pokok yang tumbuh di atas peraturan-peraturan syari'ah (Islam). Syari'ah itu ditumbuhkan oleh kepercayaan. Dengan demikian tidaklah terdapat syariah dalam Islam melainkan dengan adanya kepercayaan, seperti syari'ah itu tidak mungkin berkembang melainkan dibawah naungan kepercayaan. Kesimpulannya, syari'ah tanpa kepercayaan adalah laksana bangunan yang tinggi tanpa pondasi/dasar." (Al Islam, Aqiedah wa Syariah, halaman 13).

Dari kedua pendapat diatas, jelaslah bahwa iman merupakan masalah yang mendasar dalam Islam. Hal ini bisa kita simak dalam sejarah kemunculan Islam, bahwa Rasulullah saw. selalu memulai kegiatan dakwahnya dengan menanamkan soal keimanan/kepercayaan. Ayat-ayat Al Quran yang diturunkan di Mekah, sebelum Nabi saw. hijrah ke Madinah, hampir seluruhnya berkaitan dengan soal kepercayaan.


http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

1 komentar for "Kaitan Iman dan Islam"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Leave a Reply

Advertisement